THE VIRO MUSIC GENERATION

Monday, August 4, 2014

Belajar Musik


            Setiap bertemu dengan orang tua murid, kami sering memberitahukan beberapa hal penting yang patut diketahui oleh mereka mengenai “ Belajar Musik “.
Hal ini patut diingat dan dimengerti sehingga orang tua selalu mendukung proses belajar musik anak-anaknya. Belajar musik harus dimulai dari umur muda (5-6 tahun), apabila tidak, anak anda akan kehilangan momentum. Seperti yang kita ketahui, belajar musik praktek tidak seperti belajar teori atau pelajaran disekolah. Memainkan alat musik hanya dapat dipelajari dengan baik apabila motorik dan otot tangan anak masih flexibel dan dapat dibentuk, ini biasanya dimulai dari umur muda (5-6 tahun). Dari pengalaman kami anak yang usianya telah malampaui 13 th, agak sulit untuk belajar memainkan instrumen dengan baikkarena otot dan motorik sudah terbentuk (kaku). Maka itu, meskipun belajar musik dapat dilakukan juga pada umur dewasa, biasanya performa yang didapat tidak dapat melampaui bagi mereka yang belajar musik dari umur muda.
Belajar musik tidak ada relevansinya dengan bakat. Banyak orangtua murid bertanya, apakah mereka harus mendaftarkan anaknya untuk belajar musik, meskipun mereka merasa anaknya tidak mempunyai bakat bakat musik sama sekali. Cara berpikir demikian sangat salah, karena belajar musik adalah proses pembelajaran informal yang sangat penting terutama untuk keseimbangan otak kanan. (matematik, hafalan, dsb), dan musik akan menyeimbangkan otak kanan (memainkan musik dengan indah harus menggunakan perasaan alam otak kanan). Anak dapat menyukai musik tanpa bakat, dan hal ini sudah dibuktikan bahwa dengan latihan yang konsisten dan bimbingan guru yang baik, anak dapat memainkan musik dengan baik meski tidak begitu mempunyai bakat. Menyukai dan memberikan apresiasi di musik tidak ada hubungannya dengan bakat.

No comments:

Post a Comment