THE VIRO MUSIC GENERATION

Sunday, July 26, 2020

Materi SBdP Kelas 1 SD SMT 1 th 2020/2021

Mengenal Ritme ( irama )

Sebelum kita belajar bernyanyi dan bermain musik, alangkah baiknya kita mengenal istilah didalam seni musik yang disebut irama.
irama adalah ketukan yang teratur dalam perjalanan sebuah melodi. Cobalah bernyanyi sebuah lagu sambil bertepuk tangan, maka suara tepuk tangan yang teratur itulah yang disebut dengan irama.

Contoh berikutnya tentang irama :
- langkah kaki saat berjalan atau berlari
- suara jarum pada jam dinding yang sedang berdetak
- degup jantung atau nadi 

Nah, dari contoh diatas, diharapkan bisa paham tentang irama.

Mari perhatikan lebih lagi, irama sangat dibutuhkan didalam bernyanyi maupun bermain musik, supaya ketukan saat bernyanyi atau bermain musik teratur, yang menentukan cepat lambatnya sebuah irama disebut tempo. 

Perhatikan gambar dibawah ini !



Gambar diatas menunjukan sebuah irama dengan hitungan 2, artinya : 
Dalam satu ruas birama berisi 2 pukulan atau ketukan.


Gambar diatas menunjukan sebuah irama dengan hitungan 4,  artinya : 
Dalam satu ruas birama berisi 4 pukulan atau ketukan.


bisakah kalian mempraktekannya kedua contoh irama seperti gambar diatas dengan cara bertepuk tangan sambil menghitung? 

Ayo kita lihat tayangam video dibawah ini :
click disini

Tugas siswa :
1. Gambar contoh ketukan 2 dan 4 di buku dan di foto.
2. Rekam video pada saat mempraktekan ketukan 2 dan 4.

Petunjuk pengerjaan : 
1. Follow instagram @rodywidiatmo
2. Upload foto dan video hasil karyamu di instagram ( boleh pakai akun orang tua atau siswa sendiri ) kemudian hastag ke @rodywidiatmo 
3. Berikan Caption #sdncemaradua, Mengenal Irama dan Nama/Kelas/No.Absen/SD nya.

Catatan : 
- Sangat disarankan orang tua selalu mendampingi putra-putrinya dalam mengerjakam tugas dan pada saat mengunggah tugas yang diberikan. Terimakasih atas perhatiannya. 

 TETAP DIRUMAH, JAGA KESEHATAN DAN
 SEMANGAT SELALU

" Musik itu asyik, bisa bermain musik pasti lebih asyik "

by Rody Widiatmo, S.Pd

4 comments: